1.
Blibli.com
Tidak sekadar berjualan, situs ini
menawarkan jasa informasi bisnis, interaksi pengguna, hingga iklan. Hingga saat
ini, udah tercatat 200 pedagang atau merchant yang sudah bergabung di
blibli.com. Beberapa di antaranya merk terkenal, seperti toko ponsel Erafone,
gerai motor dan apparel Harley Davidson, distro Surfer Girl, dan Batik
Danarhadi. Untuk metode pembayarannya, blibli.com hanya menerima kartu kredit
dari dua bank, yakni Bank Central Asia dan Bank Mandiri. Pengiriman barang
dilakukan oleh beberapa perusahaan logistik, seperti NCS, RPX, dan JNE.
a.
Kekuatan
Berikut
adalah kelebihan dan kekurangan jual beli online melalui blibli.com:
a) Tak sekadar berjualan, situs ini
menawarkan jasa informasi bisnis, interaksi pengguna, hingga iklan.
b) Situs Online Shopping ini,
telah memakai sistem keamanan yang sudah mendapat sertifikasi dari
VeriSign (merupakan sistem standar keamanan transaksi online di dunia, serta
mitra perbankan yang terpercaya diseluruh dunia).
c) Situs Blibli.com ini
memposisikan dirinya sebagai social e-commerce, yang mengusung tagline
“assisting customer assisting customer”, Yang artinya adalah Situs
Blibli.com membantu si pelanggan agar pelanggan tersebut dapat membantu
pelanggan lainnya.
d) Situs Blibli.com ingin
menempatkan dirinya sebagai sahabat bagi para pelanggan yang memberikan saran-saran
terbaik dari para member yang dianggap oleh Situs Blibli.com ini dengan sebutan
“friends”.
e) Sebagai online mall, Blibli.com juga
mencoba menawarkan berbagai kemudahan bagi para pelanggan.
f) Dalam proses pembelian dan pembayaran,
pelanggan juga selalu diberi kesempatan untuk mengonfirmasi kembali
keputusannya untuk membeli. Kemudian ketika barang sedang kosong atau habis
(out of stock), akan ada informasi kapan stok barang datang lagi. Dengan
demikian pelanggan tidak putus asa dan berpindah ke “toko sebelah”.
b.
Kelemahan
Untuk
metode pembayarannya, blibli.com hanya menerima kartu kredit dari dua bank,
yakni Bank Central Asia dan Bank Mandiri.
c.
Peluang
E-commerce
tumbuh dan berkembang dibanyak belahan dunia. Asia dan Pasifik juga sepertiga
dari negara-negara berkembang sudah banyak yang menggunakan internet. Jumlah
pengguna internet juga terus tumbuh. Sebagian besar pertumbuhan ini berasal
dari Asia, Amerika latin dan belahan Eropa. Oleh karena itu e-commerce sangat
menguntungkan toko-toko online yang sudah menjamur di Indonesia ini, contohnya
blibli.com.
d.
Ancaman
Rendahnya
hambatan masuk antar negara-negara akan menyebabkan banyak pesaing-pesaing di
perusahaan internet. Banyak muncul perusahaan-perusahaan internet didunia
ketiga (negara berkembang) akan menyebabkan banyak menimbulkan pesaing-pesaing.
Pesing terbesar yang ada di dunia internet adalah Wall mart yang merupakan
perintel terbesar di dunia.
Tokobagus
sendiri merupakan pesaing bagi blibli.com, Tokobagus ini merupakan sebuah situs
dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa.
Tokobagus juga merupakan search engine friendly, yang berarti tidak hanya
pengunjung dari Tokobagus yang akan menemukan iklan anda tetapi juga
orang-orang yang mencari produk atau jasa dengan menggunakan search engine
seperti Google juga akan menemukan iklan-iklan anda. Karena strategi yang kuat
dan media publikasi yang besar kini Tokobagus telah mempunyai lebih dari
100.000 pengunjung setiap hari.
2.
Rakuten.co.id
Perusahaan ini memiliki acara-acara
non-formal yang digunakan untuk mendekatkan pihak manajemen dengan para
karyawannya. Misalnya dengan mengadakan acara pesta ulang tahun setiap bulan
dan makan-makan di hari tertentu. Para karyawan pun mengikuti pelatihan
skala internasional yaitu pergi ke Jepang dengan skala global.
Rakuten.co.id lebih banyak
menginvestasikan uang dalam jumlah besar ke dalam system canggih yang dikenal
dengan nama Global E-commerce Platform sehingga menunjang operasional
perusahaan yang berbasis internet ini
a.
Kekuatan
:
a) Kekuatan pada rakuten.co.id adalah
kelengkapan segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh tiap orang. Mulai dari
kebutuhan primer sampai kebutuhan tersier yang tidak memandang kalangan
manapun. Kemudahan dalam mengakses situs, pembelian, pembayaran, dan jelasnya
pengiriman barang membuat rakuten menjadi saingan yang berat bagi perusahaan
online yang lain.
b) Dengan adanya penggolongan kategori
produk yang dibutuhkan oleh konsumen membuat orang awam yang jarang
menggunakan internet menjadi mudah menggunakannya.
c) Memiliki desain dan nama yang
menarik agar mudah diingat oleh orang-orang.
b.
Kelemahan
:
a) Terlalu banyak iklan yang terdapat
dalam situs itu Sehingga membuat pelanggan bingung akan memilih suatu produk.
b) Pembayaran menggunakan kartu kredit
yang sedikit peminatnya, karena di Indonesia tidak banyak orang yang mempunyai
kartu kredit.
c.
Peluang
:
a) Dapat menembus pasar global
b) Bisa mengalahkan Bisnis offline
d.
Ancaman
:
a) Banyak situs online yang menjual
barang yang sama
b) Kebijakan pemerintah Indonesia yang
berubah-ubah menjadi ancaman dalam pengaturan strategi.
3. Perusahaan
Carefour
Kita bisa
mengambil contoh penerapan e-commerce ini pada perusahaan ritel yaitu Carefour,
bagaimana Carefour ikut memanfaatkan internet untuk mendukung kegiatan bisnis
mereka. Carefour memiliki web pribadi yang berisi tentang perusahaan mereka dan
juga data-data atau produk apa yang mereka tawarkan serta adanya
informasi-informasi seperti diskon atau promo-promo lainnya, disamping itu juga
Carefour menyiapkan pelayanan pesan antar bagi para pelanggannya untuk
mengakses atau berbelanja via online. Sistem pembayaran yang Carefour tawarkan
dengan e-commerce hampir sama dengan pada umumnya yaitu menggunakan credit card
dan dengan keamanan yang terjaga dan aman dari tindakan criminal.
a. Kelebihan :
a)
Pemimpin pasar( Market Leader)
b)
Keberanian untuk memasukan pasar
yang disuport oleh partner joint venture
c)
Kualitas toko yang tinggi dengan
didasarkan pada basis pelanggan yang cukup besar
d)
Bisnis retail terbesar kedua di dunia
dan bisnis retail terbanyak secara international
e)
Merk yang kuat diberbagai segmen pasar
f)
Pemimpin dunia didalam bisnis
hypermarket
g)
Perkembangan e-commerce yang menjadi
trend saat ini
b. Kelemahan :
a)
Permintaan yang besar tergantung pada
pasar
b)
Kurang memperhatikan aspek etika bisnis
yang telah ditetapkan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha)
c. Peluang :
a)
Memperluas area produk dan pelayanan
melalui diperluasnya area layanan produk
b)
Pertumbuhan penduduk mengakibatkan meningkatnya
kebutuhan akan mengkonsumsi barang secara instant
d. Ancaman :
a)
Yang ancaman pasarnya tidak dapat
mendukung lebih banyak outlet
b)
Krisis ekonomi global menyebabkan
penurunan transaksi perdagangan
c)
Tidak diketahuinya pajak yang
ditetapkan oleh tiap barang karena pajak dibebankan kepada perusahaan.
d)
Kerugian kompetitif yang diakibatkan
oleh munculnya berbagai macam retail-retail bar
4. PT.Telkom
Indonesia
Penyedia
layanan e-Commerce di Indonesia baru mencapai 3% meski pengguna Internet
diperkirakan telah mencapai sebanyak 31 juta orang dan 159 juta orang lainnya
Internet berbasis nirkabel. Dengan masih sedikitnya pemain di e-Commerce maka
portal e-Commerce Plasa.Com yang dikelola anak usaha Telkom PT Metranet
diharapkan dapat turut menggairahkan e-commerce di Tanah Air. Portal e-commerce
Plasa.com yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom PT Metranet fokus pada
penyelenggaraan tiga layanan, yaitu e-Commerce, Content dan Communication.
a.
Kelemahan :
Kita tahu pada
dasarnya electronic commerce (e-commerce) adalah sarana pemasaran yang
menggunakan media elektronik (internet), jadi hal yang sangat kita butuhkan
adalah layanan dan akses internet. Keterbatasan akses internet akan menghambat
perkembangan e-commerce, hal yang dulu mengakibatkan terabainya e-commerce,
namun sekarang kita dapat merasakan efek perkembangan internet di Indonesia,
akses internet semakin murah dan cepat, ini terjadi karena persaingan antar
provider, dan justru hal inilah yang akan meningkatkan jumlah pengguna
internet.
b.
Kekuatan :
Portal
e-commerce Plasa.com yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom PT Metranet
fokus pada penyelenggaraan tiga layanan, yaitu e-Commerce, Content dan Communication.
Portel itu diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pasar, mengembangkan UKM
(Usaha Kecil Menengah) dalam negeri serta meningkatkan enterpreneurship melalui
penyediaan platform online shopping.
Dalam menyediakan layanan konten, Plasa.com mengembangkan platform sebagai penghimpun konten (content agregator) serta memungkinkan pelanggan menikmati beragam konten, termasuk konten hiburan.
Dalam menyediakan layanan konten, Plasa.com mengembangkan platform sebagai penghimpun konten (content agregator) serta memungkinkan pelanggan menikmati beragam konten, termasuk konten hiburan.
c.
Peluang :
Electronic
commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah pedesan
untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC.
Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar
akademik. Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau
pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka,
sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
d.
Ancaman :
Permasalahan
dan penghambat perkembangan e-commerce di Indonesia adalah kebiasaan,
masyarakat kita belum terbiasa untuk melakukan transaksi di dunia maya. Masalah
selanjutnya adalah dari sekian banyak pengguna internet di Indonesia
kemungkinan masih banyak yang belum pernah bertransaksi melalui internet karena
belum percaya akan keamanan transaksi. Apalagi dengan sering terjadinya
penipuan di dunia nyata. Selanjutnya masalah dari belum jelasnya hukum di dunia
digital, seperti bagaimana itu uang digital, tanda tangan digital dan bagaimana
hukum yang berlaku jika terjadi kejahatan.
5. Lazada
Indonesia
Salah satu
contoh dari perusahaan yang menggunakan E-commerce adalah Lazada Indonesia. Lazada Indonesia
(www.lazada.co.id)
lebih berfokus kepada tipe e-commerce B2C atau Business to Customer karena
tujuan utama perusahaan adalah menyerap customer individu yang melakukan
transaksi di situs mereka.
a. Kelebihan :
a)
Pilihan Produk Berkualitas yang
beragam.
Di Lazada
Indonesia dapat dijumpai 12 kategori produk utama mulai dari peralatan rumah
tangga, Elektronik rumah tangga, Handphone & Aksesoris, Kamera, Komputer,
TV, Video & Audio, Mainan & Bayi, Kesehatan & Kecantikan, Tas &
Koper, Olahraga & Otomotif, Musik & Instrumen, dan Buku.
b)
Penawaran Khusus atau Promo Produk.
Berbagai
penawaran istimewa dilakukan baik yang tidak bertema maupun yang disesuaikan
degan tema. Ini tentu saja menjadi kelebihan dari belanja online karena
eksekusi promo secara bersamaan antar tema dalam e_commerce lebih mudah
dilakukan disbanding di dalam toko fisik.
c)
Layanan Super Untuk Raja
Di dunia online
anda adalah raja karena anda tinggal pencet telepon bila ingin menanyakan
produk, atau complain mengenai layanan, anda tinggal klik, barang diantar, anda
tinggal pilih model pembayaran, atau bahkan anda tinggal minta jam berapa
barang harus diantar ke rumah anda, dll. Tidak perlu repot dengan senua hal
yang ada dalam belanja konvensional.
b. Kelemahan :
Barang tidak
bisa dipegang secara langsung, kadang barang tersebut tidak sesuai dengan yang
kita inginkan / beda dengan yang ditampilkan.
c. Peluang :
Dapat
menghasilkan produk baru yang banyak diminati customer / permintaan dari
customer, jika produk sesuai, bagus dan memuaskan konsumen otomatis akan laris
terjual.
d. Ancaman :
Dikhawatirkan adanya pembuatan website palsu, persaingan harga, kualitas,
persaingan secara global, tidak adanya jaminan bahwa transaksi e-commerce
terbebas dari upaya perusakan/pemanipulasian data dan tentu akan berdampak pada
berkembangnya aktivitas ekonomi.
~~~~~~~
I Gusti Putu Agus Hendra Yudiantara
16110111023
Universitas Dhyana Pura Bali
www.undhirabali.ac.id
16110111023
Universitas Dhyana Pura Bali
www.undhirabali.ac.id
Komentar
Posting Komentar